Cara menurunkan kolesterol

Masalah kesehatan yang banyak menyita perhatian masyarakat adalah kolesterol. Pada dasarnya kolesterol merupakan suatu senyawa bertekstur lembek dan berada diantara lemak aliran darah dan semua sel tubuh. Kolesterol itu sendiri sebenarnya tidak selalu memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh manusia karena kolesterol pun terdapat dua macam yaitu LDL (Low density lipoprotein) di mana senyawa ini dikenal dengan kolesterol jahat dan juga HDL (High density lipoprotein) yang biasa dikenal kolesterol baik. Kolesterol tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatn jika kada LDL dalam tubuh sangat tinggi dan jika ini terjadi pada diri anda atau kerabat anda, tahukah anda bagaimana cara menurunkan kolesterol tersebut?

Pada dasarnya bukan hal yang sulit untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Anda umumnya hanya dituntut untuk membatasi jenis makanan dan juga memperbaiki pola hidup anda. Jika anda sudah menerapkan pola hidup sehat, sudah dipastikan, kadar kolesterol dalam tubuh anda pun relative normal.

Nah, bagi anda yang saat ini tengah bingung mencari cara menurunkan kolesterol tidak perlu merasa khawatir karena pada kesempatan kali ini admin akan membagikan info tersebut untuk anda. Jika anda tertarik, silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Cara menurunkan kolesterol

1. Hindari makanan olahan

Dalam makanan olahan biasanya mengandung lemak jenis trans yang memiliki dampak buruk untuk kesehatan anda. Untuk itu, batasi atau bahkan hindari konsumsi makanan olahan yang dapat membahayakan kesehatan anda.

2. Jaga berat badan

Kadar koleterol meningkat juga dipicu karena berat badan anda yang terus meningkat. Untuk itu, jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat terbebas dari kolesterol, anda harus menjaga berat badan anda.

3. Berhenti merokok

Seperti yang anda ketahui bahwa merokok dapat memicu meningkatnya detak jantung dan juga tekanan darah. Bagi anda yang memiliki kadar trigliserida cukup tinggi, berhentilah merokok demi membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Minum teh hijau

Menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa dengan minum teh hijau setiap harinya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga membantu untuk menyeimbangkannya. Anda pun juga tentu merasakan efek dari minum teh, di mana anda akan merasa lebih rileks dan hal ini juga membantu anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

5. Makan makanan rendah kalori

Ada beberapa jenis makanan rendah kalori yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda seperti beras merah, apel, gandum dan juga sarden.

6. Olahraga

Cara yang paling efektif untuk membantu menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga secara rutin, kesehatan jantung anda akan terjaga dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda pun akan menurun.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Cara menurunkan kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sofi

0 comments:

Post a Comment